Saturday 20 July 2013

Pelatihan Implementasi Inverter Bagi Sekolah Menengah Umum & Kejuruan Di Bandung

           Pada level sekolah menengah umum  ( SMU ), siswa – siswi memiliki semangat dan ketertarikan pada banyak hal. Hal ini terbukti dari betapa banyaknya prestasi – prestasi yang telah didapatkan oleh siswa – siswi tersebut, baik dalam olah raga, pendidikan, dan terutama sekali dalam dunia teknologi, yang salah satunya di bidang elektronika. Perkembangan teknologi pada industri elektronika yang sangat cepat, mendorong Engineer dan calon Engineer  untuk meningkatkan  kompetensinya sehingga mampu meng- kombinasikan keahlian teknis, pengetahuan serta pengalaman praktis agar mampu beradaptasi dan tetap unggul. Namun kenyataannya bahwa ketersediaan dan kompetensi Engineer yang profesional masih sangat rendah dan belum sesuai dengan kebutuhan riil industri bidang Elektronika. Kondisi ini perlu dorongan dari akademisi, industri dan institusi yang berkompeten dalam upaya mewujudkan profesionalisme Engineer dan Calon Engineer.
         Oleh karena itu, demi mencapai maksud tersebut, maka pada tanggal 11, 12 dan 13 Juni 2013, Jurusan Teknik Elektro mengadakan sebuah kegiatan dalam bentuk pelatihan  dalam mengimplementasikan rangkaian Elektronika. Pada pelatihan ini diimplementasikan sebuah rangkaian sederhana yang dapat merubah tegangan AC menjadi tegangan DC, yang dalam dunia elektro dinamakan Inverter.
       
        Inverter dapat digunakan di rumah,  industri, mall, supermaket, hotel, restoran, cafe, bank, klinik, SPBU (pom bensin), sekolah, rumah sakit, bioskop, dan semua tempat yang memerlukan energi (listrik) cadangan untuk mengganti listrik PLN untuk menjalankan peralatan elektronik seperti komputer, peralatan telekomunikasi, TV, radio, freezer / kulkas, AC, mesin cuci, mesin jahit, kompor listrik, oven microwave dll.
Pelatihan ini ditujukan bagi  siswa/i Sekolah Menengah Umum dan Kejuruan yang terdapat di Bandung. Pada pelatihan kali ini dihadiri siswa/i yang berjumlah 35 orang, yang meliputi SMU/K PGII 2 dan SMK Merdeka. Pelatihan yang diadakan 3 hari ini, mewakili tiga tahap implementasi, yaitu Tahap pertama adalah Disain Printed Circuit Board (PCB ) rangkaian inverter dengan menggunakan software Protel DXP yang dilakukan di Laboratorium Komputer Itenas Gedung 21 Lantai 4. Dilanjutkan dengan tahap kedua berupa    Penyolderan komponen pada PCB yang telah dibuat pada hari sebelumnya. Dan tahap terakhir adalah tahap pengujian yang dilakukan di Laboratorium Teknik Elektronika di Gedung 20. Setelah berhasil direalisasikan, rangkaian inverter dapat dibawa pulang oleh peserta agar dapat dimanfaatkan.
          Pelatihan ini melibatkan 3 orang tim inti  yang merupakan dosen jurusan teknik elektro, yaitu Arsyad Ramadhan Darlis. M.T., Andre Widura, M.T. dan Ratna Susana, M.T.. Pada kegiatan ini juga kami melibatkan beberapa mahasiswa/i yang berjumlah 9 orang dari jurusan yang sama. Alhasil, antusiasme dari para peserta sangatlah tinggi. Hal  ini ditandai dengan semangat dan keingintahuan yang terlihat jelas dari peserta kegiatan. Semoga dengan terlaksananya  acara ini dapat membangkitkan semangat untuk terus belajar bagi para peserta, khususnya bagi para trainer sendiri. (Arsyad R. D. / Teknik Elektro )

2 comments:

  1. Mohon diperiksa lagi kepanjangan dari PCB, setahu saya PCB : Printed Circuit Board.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak pak..sudah saya koreksi..^^

    ReplyDelete