Akreditasi Jurnal ELKOMIKA

Akreditasi Jurnal ELKOMIKA
Akreditasi Jurnal ELKOMIKA

Saturday, 20 July 2013

Lokakarya Evaluasi Kurikulum Jurusan Teknik Elektro

          Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, bahan pelajaran, cara penyampaiannya, dan bahkan  penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.
Kurikulum perlu memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah, rencana pem- belajaran dan evaluasi.
Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, yang mendorong terbentuknya hard skills, keterampilan, kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.
           Berdasarkan kurikulum yang ada di Program Studi Teknik Elektro Itenas, dimana semenjak tahun 2011 telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), lulusan dari Program Studi ini diharapkan mampu memenuhi beberapa kompetensi
 


        Oleh karena itu, maka perlu diselenggarakan suatu lokakarya evaluasi kurikulum di jurusan teknik elektro yang mana pada akhirnya dapat menghasilkan kompetensi yang sangat berguna bagi dunia kerja.
Selain itu, tujuan dari lokakarya evaluasi kurikulum 2011 yang berbasis kompetensi ini adalah melakukan / menyelenggarakan penelaahan (review) isi, susunan dan pelaksanaan kurikulum 2011, serta melakukan perencanaan dan rancangan untuk perbaikan susunan, isi serta pelaksanaan penyelenggaraan Kurikulum 2011.
Lokakarya  ini dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2013 di Gedung Rektorat Lantai 3 Itenas dengan nara sumber Profesor Dr. Ir. Soegijardjo Soegijoko.
         Peserta dari lokakarya ini adalah para dosen tetap, dosen tidak tetap dan para senior serta mantan pimpinan jurusan teknik elektro Itenas, yang berjumlah  24 orang.
         Aktiftas dalam  lokakarya ini cukup menarik, dimana narasumber meminta setiap peserta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang tertulis di sebuah kertas. Alhasil, narasumber memiliki beberapa permasalahan yang dihadapi dalam  pelaksanaan kurikulum tersebut. Dengan demikian,  munculah diskusi – diskusi antar kedua belah pihak dalam mengatasi setiap masalah.
          Hal – hal yang dilakukan pada kegiatan lokakarya ini meliputi perbaikan kompetensi, silabus / isi mata kuliah dan mapping / susunan mata kuliah,  responsi, praktikum, kerja praktek dan tugas akhir pada Kurikulum 2011 Program Studi Teknik Elektro Itenas.
           Kegiatan ini telah dapat terlaksana dengan baik. Semoga dengan adanya lokakarya ini jurusan teknik elektro itenas, dapat menjadi lebih baik lagi. Amin. (Arsyad R.D. /Teknik Elektro).

0 comments:

Post a Comment