Akreditasi Jurnal ELKOMIKA

Akreditasi Jurnal ELKOMIKA
Akreditasi Jurnal ELKOMIKA

Saturday, 20 July 2013

Service Perangkat Elektronik Gratis Bagi Masyarakat Di Lingkungan Itenas


Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer, dan ilmu/teknik elektronika dan instrumentasi.
Peralatan - peralatan yang menggunakan dasar kerja elektronika ini disebut sebagai peralatan elektronik (electronic devices). Contoh peralatan (piranti) elektronik ini: Radio, Televisi, VCD dan DVD Player, kamera digital, robot, smart card, dan lainnya
  Pada saat ini, dosen – dosen di jurusan teknik elektro itenas memiliki kemampuan dan pemahaman mengenai ilmu elektronika, baik dalam hal merancang, implementasi, dan bahkan memperbaiki peralatan yang berhubungan dengan elektronika. Kemampuan ini dimanfaatkan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan service peralatan elektronik gratis bagi masyarakat kampus dan masyarakat yang berada di lingkungan itenas.
Kegiatan ini dilaksanakan mengingat bahwa masyarakat tersebut sebagian besar masih awam terhadap cara kerja peralatan elektronik, yang dapat menimbulkan ketidakberdayaan mereka dalam memperbaiki peralatan tersebut apabila rusak. Peralatan elektronik yang rusak biasanya dibiarkan saja rusak, dan bahkan dibuang oleh mereka. Oleh karena itu, dosen – dosen teknik elektro itenas beserta mahasiswa yang memiliki kemampuan di bidang tersebut, melakukan pelayanan service gratis terhadap masyarakat akademik (dosen, mahasiswa, dan karyawan) serta masyarakat umum yang memiliki peralatan elektronik yang rusak, misalnya Televisi, Kulkas, Mesin Cuci, Terminal Listrik, dan lain sebagainya apabila mengalami kerusakan. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen jurusan teknik elektro terhadap kepedulian kepada masyarakat.

Penerimaan barang yang akan diperbaiki dilakukan selama tiga hari, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Juni 2013 dengan stand yang dibuka di depan jurusan teknik elektro gedung 20.
           Barang yang akan diterima untuk diperbaiki dikategorikan menjadi hanya beberapa jenis barang saja, yaitu Kabel Extention, Rice Cooker, Strika, Kipas angin, Blender, Mixer, Televisi jenis Tabung, Radio Tape, Sound System, Microwave, Dispenser, Adaptor, Raket Listrik, dan Hair dryer. Hal ini dilakukan mengingat terdapat keterbatasan tenaga, harga komponen atau bahan baku, serta kerumitan rangkaian pada setiap barang.

            Walaupun dikategorikan sedemikian rupa, alhasil barang yang telah diterima terdapat 17 buah barang yang termasuk menjadi 5 buah kategori yaitu : Televisi, Sound System, Kipas Angin, Dispenser dan Raket Listrik.
Sebagian besar barang telah berhasil diperbaiki berkat kerjasama tim yang terdiri atas mahasiswa, teknisi, dan dosen yang diketuai oleh Andre Widura, M.T. dan Arsyad Ramadhan Darlis, M.T.
Akan tetapi terdapat beberapa barang tang tidak mungkin diperbaiki karena kesulitan dalam mendapatkan komponen yang rusak, mahalnya komponen, dan terdapat barang yang sudah sama sekali tidak mungkin diperbaiki. Pada kondisi ini, barang tetap dikembalikan kepada pemiliknya;.
            Kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi kedua belah pihak dan terdapat banyak permintaan agar pada waktu – waktu berikutnya untuk diadakan kembali.   (Arsyad R. D. / Teknik Elektro )

0 comments:

Post a Comment