Akreditasi Jurnal ELKOMIKA

Akreditasi Jurnal ELKOMIKA
Akreditasi Jurnal ELKOMIKA

Saturday, 20 July 2013

Pendidikan Dan Pelatihan Keterampilan Teknologi Tepat Guna Dan Sertifikasi Pada Bidang Listrik, Elektronika, Komputer Dan Multimedia Bagi Anak Panti Asuhan, Sebagai Pembekalan Keterampilan Hidup Menuju Kemandirian


Teknik Elektro bersatu….istilah inilah yang kiranya tepat dalam mendeskripsikan seluruh kegiatan yang diadakan oleh jurusan teknik elektro kali ini.
Bagaimana tidak, pengabdian masyarakat yang diadakan jurusan teknik elektro kali ini melibatkan banyak pihak, mulai dari Ikatan Alumni Elektro Itenas, Forum Komunikasi Panti Sosial (FKPS) Kota Bandung, Rumah Zakat Masjid Salman ITB, Badan ZIS Masjid Istiqamah Taman Citarum Bandung, dan 5 buah laboratorium yang berada di jurusan teknik elektro, yaitu Laboratorium Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektronika, Otomasi, dan Teknologi Informasi.


 Kegiatan ini mengusung tema Pendidikan dan Pelatihan  Keterampilan Tepat Guna & Sertifikasi Listrik – Elektronika – Komputer & Multimedia Bagi anak panti asuhan sebagai pembekalan keterampilan hidup – life skill menuju kemandirian.
Kegiatan ini diadakan pada tanggal 21–30 Mei 2013selama dua minggu, yang bertempat di gedung Jurusan Teknik Elektro Itenas Jl. P.K.H Mustafa No. 23.  
Pada kesempatan kali ini juga hadir Rektor itenas, Kepala LP2M Itenas, dan juga Calon Wakil Walikota Bandung yaitu Ibu Nani Suryani yang datang pada saat penutupan acara.
Ditemui dalam acara tersebut, Bapak Dr. Waluyo,Ir., M.T. selaku Penanggung Jawab acara menjelaskan bahwa tujuan acara ini adalah meningkatkan kualitas dari anak-anak Panti Asuhan guna menyongsong masa depan setelah lulus dari sekolahnya. Sebanyak 50 siswa dari beberapa panti asuhan di Bandung mengikuti progam pelatihan ini. Selaku Aktifis dari Forum Komunikasi Panti Sosial (FKPS) bapak Adiyos Adnis mengatakan bahwa dari banyaknya pengelola yang dalam hal ini pengelolaan yang kurang baik, padahal ada anak-anak yatim yang ada dalam amanah yayasan yang bersangkutan. Di sana ada hak-hak anak yatim yang harus ditunaikan dan itu harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya”
“Tahun ini adalah yang perdana diadakan di Itenas untuk acara ini, yang kita ajak sekarang adalah panti-panti asuhan yang ada di daerah Bandung, Sebelumnya kami dapat dukungan dari UIN. Tahun depan insyaallah kami akan kembangkan menjadi lebih baik, atau dari mana saja dapat bergabung di acara yang sama tahun depan,” Ujar bapak yang akrab dipanggil Bpk. yos ini.
Sebanyak 50 peserta dari beberapa panti asuhan yang datang dalam acara ini dipandu oleh asisten - asisten dan teknisi di Laboratorium teknik elektro itenas dalam meningkatkan kompetensi mereka.
Beberapa materi pelatihan diberikan oleh setiap laboratorium yang dibuat oleh kepala laboratoriumnya masing – masing, yaitu diantaranya Laboratorium Teknik Energi Elektrik memberikan pelatihan  Pengenalan Peralatan Proteksi, Instalasi, motor listrik, Starting motor induksi metoda bintang delta,  Laboratorium Teknik Telekomunikasi memberikan pelatihan yang cukup menarik yaitu pelatihan pembuatan warnet sederhana, Laboratorium Teknik Elektronika memberika pelatihan pengenalan dan pengetesan komponen elektronika beserta penggunaan alat ukur, dan menyolder rangkaian seri parallel.
Di lain pihak Laboratorium Teknologi Informasi  membagi – bagi pengetahuannya dalam mendesain printed circuit board (PCB ) dari sebuah rangkaian menggunakan software Protel DXP. Dan Laboratorium yang terakhir yaitu Laboratorium Otomasi memberikan teori dan mendemokan perangkat –perangkat PLC, berupa training kit yang berasal dari Schneider,  yang dimiliki jurusan sehingga mereka memiliki pengetahuan di bidang otomasi. Disamping itu pula, secara khusus Bapak Yos dan timnya memberikan tambahan ilmu berupa desain dan realisasi rangkaian LED berjalan berserta pemahaman mengenai komponen – komponen yang membentuk sebuah komputer. Tak lupa juga diberikan sebuah pelatihan softskil secara khusus agar mereka memiliki motivasi dalam menghadapi hidup ke depan.
Peserta sangat antusias mengikuti berbagai pelatihan yang diikuti selama dua minggu ini.
“ Saya ucapkan terima kasih banyak kepada itenas, khususnya kepada jurusan teknik elektro dan ikatan alumninya telah memberikan saya banyak pengetahuan dan skill pada kegiatan ini, ujar salah satu peserta kegiatan. Saat ditanya, pelatihan apa yang paling menarik bagi kamu dan teman – teman kamu, mayoritas dari mereka menjawab Pelatihan Pembuatan warnet yang paling menarik.
Semoga  dengan telah terlaksananya kegiatan ini dengan baik dapat menjadi bekal bagi anak – anak tersebut dalam mencapai impian mereka di masa depan. Amin. (Arsyad R.D. & Kibauw)

3 comments:

  1. masih tentang kepanjangan PCB: Printed Circuit Board

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho iyah salah pak...nanti saya koreksi ^^

      Delete
    2. Terima kasih banyak..sudah saya koreksi..

      Delete