Akreditasi Jurnal ELKOMIKA

Akreditasi Jurnal ELKOMIKA
Akreditasi Jurnal ELKOMIKA

Saturday, 20 July 2013

Kuliah Tamu Aplikasi Programmable Logic Controller (PLC) Di Industri


        Perkembangan Teknologi di industri pada umumnya yang sangat cepat, mendorong kebutuhan Engineer dan calon Engineer yang profesional dengan kompetensi tinggi yang mampu mengkombinasikan keahlian teknis, pengetahuan serta pengalaman praktis agar mampu beradaptasi dan tetap unggul. Namun secara faktual bahwa ketersediaan dan kompetensi Engineer yang profesional masih sangat rendah dan belum sesuai dengan kebutuhan riil di industri. Kondisi ini perlu didorong, dengan adanya inisiatif dosen untuk mengundang tenaga ahli yang berasal dari industri untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon lulusan yang akan terpakai di industri.
Salah satu perangkat yang perlu dikuasai oleh seorang engineer professional di bidang teknik elektro khususnya otomasi adalah Programmable Logic Controller (PLC).
Programmable Logic Controller (PLC) adalah perangkat hardware elektronika otomasi dan software yang merupakan aplikasi dari rangkaian analog dan digital. Dengan Programmable Logic Controller (PLC) seorang engineer dapat mengendalikan sebuah plant atau industri sesuai dengan program yang dibuatnya.
Oleh karena itu, jurusan teknik elektro mengadakan kuliah tamu mengenai ‘Aplikasi Programmable Logic Controller (PLC) di Industri’. Kuliah tamu ini akan meningkatkan pengetahuan dan keahlian teknis dari Calon Engineer di bidang, khususnya teknik kelistrikan, kendali dan elektronika. Calon Engineer yang dimaksud disini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Itenas yang memiliki ketertarikan di bidang tersebut. Kuliah Tamu ini dimaksudkan juga sebagai penambahan bekal pengetahuan bagi mahasiswa yang diperoleh dari seorang praktisis / profesi yang sudah berpengalaman.  Tenaga ahli yang diundang pada kegiatan ini adalah Ir. Lukman Hakim Samboja yang memiliki pengalaman bertahun – tahun di bidang otomasi.


 
Kegiatan yang dihadiri oleh 52 orang ini diadakan pada tanggal 26 April 2013 di ruang 20304 gedung jurusan teknik elektro. Dan fasilitas yang didapatkan oleh mahasiswa peserta kuliah tamu ini adalah Handout, Sertifikat, dan snack.
Kuliah Tamu ini terdiri atas pengetahuan PLC baik secara teori maupun praktek serta perangkat yang terkait dengan PLC tersebut, sehingga pada akhirnya     mahasiswa       peserta
kuliah tamu mendapat tambahan pengetahuan dan wawasan selain dari dosen yang bersangkutan, untuk tambahan bekal calon lulusan setelah memasuki dunia kerja.
            Antusiasme dari peserta kegiatan sangat besar yang dibuktikan dengan adanya diskusi dua arah antara kedua belah pihak. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini akan dapat memperluas wawasan dan meningkatkan pemahaman dari peserta kegiatan mengenai dunia otomasi. (Arsyad R. D. / Teknik Elektro )

0 comments:

Post a Comment