Akreditasi Jurnal ELKOMIKA

Akreditasi Jurnal ELKOMIKA
Akreditasi Jurnal ELKOMIKA

Tuesday, 23 December 2014

Pelatihan Mikrokontroller bagi Siswa/i Sekolah Menengah Umum & Kejuruan di Bandung

Pada level sekolah menengah umum dan kejuruan ( SMU/K ), siswa – siswi memiliki semangat dan ketertarikan pada banyak hal. Hal ini terbukti dari betapa banyaknya prestasi – prestasi yang telah didapatkan oleh siswa – siswi tersebut, baik dalam olah raga, pendidikan, dan terutama sekali dalam dunia teknologi, yang salah satunya di bidang elektronika. Perkembangan teknologi pada industri elektronika yang sangat cepat, mendorong Engineer dan calon Engineer untuk meningkatkan kompetensinya sehingga mampu meng- kombinasikan keahlian teknis, pengetahuan serta pengalaman praktis agar mampu beradaptasi dan tetap unggul. Namun kenyataannya bahwa ketersediaan dan kompetensi Engineer yang profesional masih sangat rendah dan belum sesuai dengan kebutuhan riil industri bidang Elektronika. Kondisi ini perlu dorongan dari akademisi, industri dan institusi yang berkompeten dalam upaya mewujudkan profesionalisme Engineer dan Calon Engineer.
Oleh karena itu, demi mencapai maksud tersebut, maka pada tanggal 16 dan 17 Juni 2014, Jurusan Teknik Elektro mengadakan sebuah kegiatan dalam bentuk pelatihan mikrokontroller yang bertempat di Laboratorium Komputer ITENAS dan Laboratorium Teknik Elektronika dan Teknik Telekomunikasi di Jurusan Teknik Elektro. Mikrokontroler adalah perangkat elektronika yang merupakan aplikasi dari rangkaian analog dan digital. Dengan mikrokontroler seorang engineer dapat mengendalikan sebuah plant sesuai dengan program yang dibuatnya. Pada pelatihan ini plant yang dikendalikan adalah sistem alarm otomatis yang diaplikasikan di pintu. Jadi apabila terdapat orang yang lewat maka alarm akan berbunyi. 


Pelatihan ini ditujukan bagi siswa/i Sekolah Menengah Umum dan Kejuruan yang terdapat di Bandung. Pada pelatihan kali ini dihadiri siswa/i yang berjumlah 41 orang, yang meliputi SMKN 1 Majalaya, SMKN 1 Cimahi, dan SMKN 1 Katapang. Sejumlah pesera tersebut dibagi menjadi 11 kelompok. Pelatihan yang diadakan 2 hari ini yang mewakili 4 tahap implementasi. Hari pertama difokuskan kepada desain dan implementasi rangkaian mikrokontroler. Pada tahap ini meliputi Disain Project Circuit Board (PCB ) rangkaian mikrokontroler menggunakan software Protel DXP yang dilakukan di Laboratorium Komputer Itenas Gedung 21 Lantai 4. Pada tahap ini, peserta pelatihan difasilitasi oleh Arsyad Ramadhan Darlis, M.T. 
Dilanjutkan pada siang harinya yaitu tahap kedua berupa Penyolderan komponen pada PCB yang telah dibuat dengan fasilitator Andre Widura, M.T. dan Febrian H., S.T. Hari kedua merupakan tahap pemrograman mikrokontroller yang telah dibuat di hari sebelumnya denga fasilitator Hendi Handian R. M.T.. 
Pada sesi ini, peserta pelatihan diajarkan cara memrogram sebuah mikrokontroler dengan beberapa plant, yaitu diantaranya rangkaian LED, Seven Segmen, dan lainnya. Plant yang digunakan telah dipersiapkan dahulu oleh tim kegiatan. Selanjutnya adalah tahap akhir, yaitu tahap pemrograman dan implementasi sistem alarm otomatis berbasis mikrokontroler. Setelah berhasil direalisasikan, rangkaian mikrokontroler dapat dibawa pulang oleh peserta agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi maupun sekolahnya. Pelatihan ini melibatkan dosen – dosen sebanyak 12 orang beserta asisten yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi di jurusan teknik elektro sebanyak 15 orang. Kegiatan ini didanai oleh Hibah LP2M dan Promosi Itenas.Dari kegiatan ini, antusiasme dari para peserta sangatlah tinggi. Hal ini ditandai dengan semangat dan keingintahuan yang terlihat jelas dari peserta kegiatan. Semoga dengan terlaksananya acara ini dapat membangkitkan semangat untuk terus belajar bagi para peserta, khususnya bagi para trainer sendiri.

(Arsyad R. D. / Teknik Elektro )


0 comments:

Post a Comment