Monday, 16 September 2013

8 Kunci Sukses sederhana dalam menempuh kegiatan belajar di perguruan tinggi...

8 Kunci Sukses sederhana dalam menempuh kegiatan belajar di perguruan tinggi :

1. Terus menulis apa yang di dengar dan dilihat, baik dari pengucapannya maupun penulisan dosen, terus catat walaupun kita telah memiliki salinan bahan. Penuhi buku kita dengan catatan. Dengan begitu menumbuhkan sifat rajin dalam diri kita.

2. Jangan biarkan tangan kita diam ketika di kelas. Teruslah bergerak dengan begitu semua reaksi kimia di otak kita akan terjadi.

3. Duduklah paling depan, biarpun kita sendirian saja di depan. Dengan begitu kita berkesempatan diperhatikan dosen dan menerima ilmu lebih baik. Jangan biarkan tmen kita merayu kita untuk dudk di belakang. Kita yang membawa mereka bukan mereka yang dibawa mereka.

4. Berikan sugesti dosen hanyalah semua alat untuk menyampaikan ilmu. Ambillah ilmunya jangan peduli seberapa killernya dosen. Karena yang jadi fokusan kita di kelas adalah ilmunya. Tanamkan sugesti itu.

5. Buatlah dan bergabunglah ( bila sudah ada ) dengan lingkungan yang dapat membuat kita maju. Tetaplah di sana.

6. Jika kita menemukan situasi yang menurut kita sulit, jangan bilang “ sulit “, akan tetapi tetap mencoba. Karena perkataan itu berarti membuat kita telah menyerah.

7. Buatlah planning dan target di hari libur. misalkan pada sabtu kita menuliskan tugas2 apa saja yang harus dilakukan seminggu berikutnya, dan pada hari itu juga dan hari minggu kita mengerjakan semua tugas tersebut sampai selesai 100 %.

8. Dan yang paling terakhir dan yang paling utama, ketika kita memulai dan melakukan sesuatu hal, tanamkan pada pikiran kita, kita harus berfikir “ KERJAKAN SEMUANYA DENGAN 100 % atau TIDAK SAMA SEKALI “. Bila kita mengerjakan semuanya kurang dari 100 % lebih baik tidak sama sekali. Tak ada pilihan lain

“ Kawan – kawan, kita dilahirkan untuk menjadi besar disana, dengan biaya yang tidak sedikit yang dikeluarkan orang tua, dan dengan bekal harapan besar mereka, jika kita tidak berprestasi di sana lebih baik kita tidak usah melanjutkan kuliah kita. Semuanya akan percuma. “

Jika tidak dapat mengerjakan semua atau seluruhnya, konsultasi dengan orang yang lebih mengerti akan hal itu. Dan satu lagi semuanya itu hanya dapat dikerjakan dengan kekonsistenan. Jika kalian kembali lalai, lihat kembali 8 kunci itu. dan yang terakhir, buatlah lingkungan yang akan membawa teman2 kalian untuk maju. (A. R. D. )

2 comments:

  1. wah bermamfaat banget, thanks kang.
    saya tambahin buat reverensi, terakhir jangan lupa berdoa hehe

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete