Thursday 30 May 2024

IoT and Science Project Competition untuk Siswa-Siswi tingkat Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Se-Jawa Barat 2024

Ucapan Selamat Kepada Para Pemenang Lomba Iot and science project competition untuk Siswa-Siswi tingkat Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Se-Jawa Barat 2024




Bandung, Mei 2024 – Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Bandung sukses menyelenggarakan workshop dan kompetisi Internet of Things dengan tema besar “Introducing the Internet of Things (IoT) to High School Student”. Kegiatan ini didukung oleh organisasi Internasional IEEE (tryEngineering) dan Bank Negara Indonesia (BNI). Acara ini telah diselenggarakan selama 2 (dua) hari, yaitu tanggal 21-22 Mei 2024 bertempat di Gedung Fakultas ruang 14301. 

Workshop dan kompetisi ini dibuka untuk siswa-siswi SMA/SMK/sederajat seJawa Barat, dengan persyaratan setiap tim terdiri dari 2 orang anggota dan semua anggota tim harus berasal dari sekolah yang sama. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan baik pelajar untuk berkolaborasi dengan sesama rekan dari lingkungan pendidikan mereka dan mengembangkan kemampuan dalam tenologi IoT.

Tema besar “Introducing the Internet of Things (IoT) to High School Student” dipilih untuk mendorong peserta kompetisi menciptakan solusi berbasis teknologi yang inovatif dan berdaya guna dengan sub tema smart home.

Dr. Arsyad Ramadhan Darlis, S.T., M.T. selaku penanggung jawab acara menjelaskan, “Para peserta berjuang keras untuk menyajikan solusi terbaik mereka dengan tema yang telah ditentukan. Mereka menggabungkan pengetahuan STEM (science, technology, engineering and mathematics) dalam teknologi IoT dengan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan proyek yang dapat menghadapi tantangan masa depan.”

Selain kesempatan untuk memenangkan hadiah jutaan rupiah, peserta juga mendapatkan banyak manfaat dari workshop  dan kompetisi ini. Setiap peserta yang mengikuti workshop dan kompetisi menerima sertifikat sebagai pengakuan atas partisipasinya. Kegiatan ini menjadi kesempatan berharga untuk mendapatkan wawasan tentang perkembangan teknologi dan tren di masa depan.

Terdapat 11 tim peserta dari berbagai SMA/SMK yang mendaftar dalam workshop dan kompetisi ini. Diantaranya adalah SMAN 3 Bandung, SMKN 1 Cimahi, SMKN 4 Cimahi, SMA KP 1 Ciparay, SMA Al Ma’soem, SMKN 7 baleendah, SMAN 24 Bandung.

Di dalam mencari siapa juaranya, para peserta melakukan presentasi di depan para juri, masing-masing tim diberikan waktu untuk menyajikan menjelaskan hasil rancangannya . Berikut para tim yang berhasil meraih juara:

  1. Juara 1: Tiloe Sandbox dari SMAN 3 Bandung
  2. Juara 2: Monokrom dari SMKN 1 Cimahi
  3. Juara 3: Nep4ltronics dari SMKN 4 Cimahi

Di dalam kesempatan yang sama, hadir pula Dekan Fakultas Teknologi Industri Itenas bandung, Jono Suhartono, PhD yang memberikan arahan dan harapan bahwa workshop dan kompetisi IoT untuk siswa SMA/SMK ini menjadi langkah awal yang baik bagi peserta untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam perkembangan teknologi yang membawa manfaat besar bagi masyarakat dan masa depan Indonesia.





0 comments:

Post a Comment